Senin, 18 Juli 2011

Mencegah Kanker Payudara Wanita

Pada tulisan sebelumnya kta telah membahas tentang Gejala Kanker Payudara yang umumnya di derita oleh kaum hawa, sekarang akan dibahas lebih lanjut tentang penyakit berbahaya ini. Lalu bagaimana cara Mencegah Kanker Payudara pada seorang wanita agar tidak mengalami hal yang sama dengan para penderita lainnya. Seperti yang diketahui tidak diketahui secara pasti asal muasal kanker payudara, hanya bisa diketahui faktor resiko seorang wanita bisa terkena kanker payudara(baca artikel gejala kanker payudara pada wanita).


Cara paling utama sebagai upaya pencegahan kanker payudara adalah dengan mengendalikan beberapa faktor risiko. Beberapa ahli diet dan ahli kanker percaya bahwa perubahan diet dan gaya hidup secara umum bisa mengurangi angka kejadian kanker. Diusahakan untuk melakukan diagnosis dini karena kanker payudara lebih mudah diobati dan bisa disembuhan jika masih pada stadium dini. Sadari, pemeriksan payudara secara klinis dan mammografi sebagai prosedur penyaringan merupakan 3 alat untuk mendeteksi kanker secara dini.

Lalu bagaimana prosedur pengobatan jika seseorang di diagnosa terkena penyakit kanker payudara..? Biasanya pengobatan dimulai setelah dilakukan penilaian secara menyeluruh terhadap kondisi penderita, yaitu sekitar 1 minggu atau lebih setelah biopsi. Pengobatannya terdiri dari pembedahan, terapi penyinaran, kemoterapi dan obat penghambat hormon.

Terapi penyinaran digunakan untuk membunuh sel-sel kanker di tempat pengangkatan tumor dan daerah sekitarnya, termasuk kelenjar getah bening. Kemoterapi (kombinasi obat-obatan untuk membunuh sel-sel yang berkembangbiak dengan cepat atau menekan perkembangbiakannya) dan obat-obat penghambat hormon (obat yang mempengaruhi kerja hormon yang menyokong pertumbuhan sel kanker) digunakan untuk menekan pertumbuhan sel kanker di seluruh tubuh.

Satu catatan penting untuk para wanita: Kanker payudara dapat kita ketahui dari pemeriksaan yang bisa kita lakukan sendiri, tapi jika merasakan sesuatu yang berbeda di sekitar area payudara segera untuk berkonsultasi dengan dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar