Sabtu, 05 November 2011

Mengenal Penyakit Vertigo dan Pengobatannya

 Penyakit Vertigo adalah perasaan dimana penderita merasa bagaikan bergerak atau berputar, perasaan dimana benda yang berada sekitarnya penderita bergerak atau berputar, umumnya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan.

Penyakit vertigo dapat berlangsung hanya beberapa saat tetapi bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita mungkin merasa lebih baik jika berbaring diam, akan tetapi penyakit vertigo bisa terus berlanjut meskipun tubuh tidak bergerak sama sekali.

Penyebab umum dari penyakit vertigo:

    Keadaan lingkungan, seperti dalam keadaan mabuk darat atau mabuk laut.

    Obat-obatan, pengaruh zat yang terdapat pada obat-obatan seperti Alkohol dan Gentamisin

    Kelainan sirkulasi, seperti Transient ischemic attack yaitu gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak pada arteri vertebral dan arteri basiler

    Kelainan di telinga, seperti Endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam (menyebabkan benign paroxysmal positional vertigo).

    Kelainan neurologis, seperti Sklerosis multipel, Patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya.

Penyakit Vertigo sendiri mempunyai tingkatan pula, seperti benign paroxysmal positional vertigo. Benign Paroxysmal Positional Vertigo merupakan penyakit vertigo yang sering muncul secara mendadak dan berlangsung dengan cepat, umumnya kurang dari 1 menit. Perubahan posisi kepala ketika penderita berbaring, bangun, berguling diatas tempat tidur atau menoleh ke belakang dapat menjadi gejala awal terjadinya episode vertigo ini. Penyakit ini tampaknya disebabkan oleh adanya endapan kalsium di dalam salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam.

Oleh karena itu untuk meminimalisir penyakit vertigo, kita harus tetap untuk menjalankan program Cara Hidup Sehat. Karena dengan pola hidup yang sehat akan mudah untuk menangkal segala penyakit.

Pengobatannya:

Gangguan vertigo dapat diatasi dengan menangani penyebabnya. Biasanya pemberian vitamin B12, B1, antihistamin, diuretika, dan pembatasan konsumsi garam dapat mengurangi keluhan. Tapi tidak hanya itu saja, masih ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemberian obat. Salah satunya adalah melihat jenis penyakit vertigo yang diderita, penyakit ini dikategorikan menjadi beberapa jenis berdasarkan penyebabnya, yaitu :

    Vertigo laryngea, yaitu pusing karena serangan batuk.

    Vertigo nocturna, yaitu rasa seolah-olah akan terjatuh pada permulaan tidur.

    Vertigo ocularis, yaitu pusing karena penyakit mata, khususnya karena kelumpuhan atau ketidakseimbangan kegiatan otot-otot bola mata.

    Vertigo rotatoria, yaitu pusing seolah-olah semua di sekitar badan berputar-putar.

Berdasarkan jenis penyebab maka pengobatan penyakit vertigo adalah meklizin, dimenhidrinat, perfenazin dan skopolamin. Skopolamin terutama berfungsi untuk mencegah motion sickness, yang terdapat dalam bentuk plester kulit dengan lama kerja selama beberapa hari. Semua obat ini dapat menyebabkan kantuk, terutama pada usia lanjut.

Selain itu, masih terdapat obat alami vertigo yaitu daun seledri. Seledri mempunyai kandungan yang sangat baik untuk penyembuhan penyakit ini. Oleh karena itu, makan daun seledri sangat bermanfaat. Konsumsilah dan sajikan dalam bentuk lalapan.

Sumber : Medicastore.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar