Sabtu, 08 Desember 2012

Tips Terbaik untuk Hidup Sehat Anda



"Kesehatan adalah kekayaan" kata pepatah. Anda tidak dapat dikatakan cukup kaya ketika Anda sakit. Karena itu sangat penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat.

Ada beberapa tips untuk menjalani hidup sehat yang bisa dipraktekkan dalam kehidupan anda sehari hari untuk menikmati kehidupan sehat anda.

1. Makanan. Kesehatan setiap orang sebenarnya tergantung pada apa yang ia makan. Orang yang makan dan diet seimbang; kaya karbohidrat, protein, vitamin dan mineral, lemak dan minyak dan air dapat dipastikan akan tetap sehat.

Didalam tubuh kita akan diproduksi zat antibodi yang cukup untuk melawan setiap antigen yang masuk ke dalam tubuh. Setiap sel dan jaringan yang rusak akibat kegiatan sehari-hari akan segera direnovasi. Dalam kasus sebaliknya, orang yang makan diet tidak seimbang akan sakit dari waktu ke waktu.

Begitu pula orang yang mengkonsumsi banyak alkohol, merokok, mengkonsumsil obat keras dll, akan membahayakan kesehatannya. Hal-hal seperti ini akan menghancurkan sistem kekebalan tubuh, dan merusak sel-sel dan jaringan  dalam tubuh.

Keadaan ini akan mengakibatkan munculnya berbagai penyakit seperti kanker, tekanan darah tinggi, diabetes dll .Pertanyaannya sekarang adal apa yang biasanya Anda makan setiap kali Anda makan? Renungkanlah dan segera bertindak sekarang juga untuk menikmati hidup sehat anda :)

2. Olahraga. Olahraga sangatlah  penting untuk mencapai kehidupan yang sehat. Kegiatan ini memungkinkan kita mengandurkan otot dan jaringan, membakar lemak dalam tubuh kita, memperlancar peredaran darah , membuat pencernaan, pernafasan, dan sistem ekskretoris kita bekerja dengan baik.

Olahragaakan  membuat kita bisa tidur dan istirahat dengan baik. Begitu banyak manfaat yang diperoleh dari Olahraga yang teratur. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa kita lakukan seperti: jogging, berjalan, melompat, menari, bersepeda, sepakbola, basket, dll

Anda dapat memilih dari salah satu diantaranya. Cobalah sedapat mungkin berkeringat. Berolah raga sedikitnya dua jam setiap minggu. Tidak peduli bagaiman Anda membuat jadwal yang ketat untuk waktu berolahraga.

3. Beristirahat. Tubuh adalah seperti sebuah mesin yang dapat memuai jika tidak  didinginkan setelah bekerja berjam – jam. Istirahat membantu tubuh kita menjadi lebih segar, lebih efisien dan tentu akan lebih produktif.

Ketika kita beristirahat, metabolisme tubuh melambat, dan pada saat itu dilakukan perbaikan pada sel-sel dan jaringan. Ada sebagian orang telah memaksakan menggunakan tubuh mereka dengan bekerja sepanjang tahun yang pada akhirnya adalah merusak sistem tubuh mereka. Luangkan waktu sejenak untuk liburan dan bersantai, ini sangat membantu untuk memulihkan kesehatan Anda. :)

4. Bekerja. Bekerja memang sangat penting untuk mempertahankan kehidupan sehat. Bekerja dapat menghasilkan cukup bahkan banyak kekayaan, dan kekayaan dapat digunakan untuk mempertahankan kehidupan sehat. Ada pepatah mengatakan "dia yang tidak bekerja tidak bisa makan".

Dan kita tahu kesehatan implikasi-sakit dan kematian. Jangan pernah malas, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kekayaan, libatkan diri dalam pekerjaan dan jadikanlah kehidupan anda bahagia.

5. Lingkungan. Tempat tinggal kita juga menentukan keadaan kesehatan kita. Sebuah lingkungan, kotor rawan nyamuk, banyak pencemaran udara tentu akan membahayakan kesehatan kita. Jika kita menjaga lingkungan kita tetap bersih, maka niscaya hidup kita akan selalu sehat.

Kesehatan kita dapat dipertahankan atau hancur tergantung pada gaya hidup kita. Oleh karena itu jagalah gaya hidup sehat hari ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar